Fenomena Qorin, Jin Pendamping Manusia, Siapa Dia?

Fenomena Qorin, Jin Pendamping Manusia, Siapa Dia?

Fenomena Qorin, Jin Pendamping Manusia, Siapa Dia? – Fenomena alam gaib memang tak ada habisnya untuk dikupas. Salah satu fenomena menggelitik bagi sebagian masyarakat adalah fenomena jin pendamping manusia.

Jin pendamping manusia atau disebut dengan Qorin adalah setan dari bangsa jin yang bertugas untuk menyesatkan manusia dengan izin Allah. Ia selalu memerintahkan kemungkaran dan mencegah kebaikan. Begitulah definisi jin qorin menurut Syaikh Ibnu Utsaimin.

Dasar Keberadaan Jin Pendamping Manusia

Dalam Al Quran surah Al Qaf ayat 27, Allah SWT berfirman,

قَالَ قَرِينُهُ رَبَّنَا مَا أَطْغَيْتُهُ وَلَكِنْ كَانَ فِي ضَلالٍ بَعِيدٍ

Yang menyertai manusia berkata : “Ya Tuhan kami, aku tidak menyesatkannya tetapi dialah yang berada dalam kesesatan yang jauh.” (QS. Qaf: 27)

Ibn Katsir menjelaskan dalam tafsirnya bahwa Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhu, Mujahid, Qatadah dan beberapa ulama lainnya mengatakan, “Yang menyertai manusia adalah setan yang ditugasi untuk menyertai manusia.” (Tafsir Ibnu Katsir, 7:403)

Dalam sebuah hadits riwayat Ibnu Ma’sud ra, Rasulullah SAW bersabda,

“Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.”

Para sahabat bertanya, “Termasuk Anda, ya Rasulullah?”

Kemudian beliau menjawab,

وَإِيَّايَ إِلاَّ أَنَّ اللَّه أَعَانَنِي عَلَيْهِ فَأَسْلَمَ فَلا يَأْمُرنِي إِلاَّ بِخَيْرٍ

“Termasuk saya, hanya saja Allah membantuku untuk menundukkannya, sehingga dia masuk Islam. Karena itu, ia tidak memerintahkan kepadaku kecuali yang baik.” (HR. Muslim)


BACA JUGA:


Tugas Jin Qorin

Jin Qorin bukanlah jin pelindung. Tugas jin ini menurut yaikh Muhammad bin Shalih Al-Munajid tak lain adalah menyesatkan, mengganggu, dan membisikkan was-was bagi manusia.

Tipu dayanya akan semakin melemah seiring dengan meningkatnya kekuatan iman seseorang.

Dalam Al Quran, Allah SWT berfirman, “Setan menjanjikan kefakiran untuk kalian dan memerintahkan kemungkaran. Sementara Allah menjanjikan ampunan dan karunia dari-Nya. Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 268).

Jin Qorin mendampingi dan menempel pada diri manusia seperti halnya parasit yang menempel ke inangnya. Ia akan terus mendampingi kita sampai saat ajal menjemput. Setelah itu, ia akan pergi karena tugasnya sudah selesai.

Demikianlah sekelumit mengenai jin pendamping manusia yang disebut juga dengan jin qorin. Semoga kita terlindung dari bisikan-bisikannya yang menyesatkan.

Untuk konsultasi lebih lanjut mengenai masalah spiritual dan dunia gaib, Anda bisa menghubungi Kang Masrukhan seorang pakar yang telah berpengalaman melalui admin di nomor 085712999772/082223338771.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *